Kantong Kresek Hitam


Terbiasa beli gorengan ataupun makanan kecil kan?Pernahkah perhatikan kemasan makanannya?pagi itu saya beli gorengan Rp.5000 terdiri dari 10 potong gorengan yang terdiri dari tahu, comro, dan pisang, kemasan yang digunakan sederhana kantong kertas yang dibentuk  dan dibungkus lagi dengan kresek warna hitam.

Dihari dan tempat lain kadang untuk membungkus makanan hanya kresek hitam yang diberi lapisan koran sedikit.

Oiya kebetulan beberapa hari yang lalu saya dibelikan cumi goreng dan daging gepuk, kemasan yang membungkus adalah kantong plastik dan sedikit kertas nasi.

DSC04067

Sudah amankah kemasan makanan itu?saya tidak pernah perduli dan perhatikan bungkus makanannya karena toh pembungkusnya masih baru jadi pastilah bersih pikirku.

Pagi itu ada  email yang mampir di dalam inbok milik saya edaran mengenai kantong kresek hitam untuk kemasan makanan, isinya :

  1. Kantong plastik kresek berwarna terutama hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang yang sering digunakan untuk mewadahi makanan.
  2. Dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran  hewan atau manusia, limbah logam berat, dll. Dalam proses tersebut juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan.
  3. Jangan menggunakan kantong plastik kresek daur ulang tersebut untuk mewadahi langsung makanan siap santap.
  4. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM RI dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau e-mail ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau melihat di website Badan POM
  5. Demikian peringatan ini disampaikan untuk disebarluaskan.

Demikianlah isi peringatan dari Badan POM RI, untuk selanjutnya silahkan memilih apa ingin mengikuti atau tidak, oiyah ada satu lagi email dari seorang teman yang bekerja di pengemasan makanan boleh liat disini, mungkin saja bisa menjadi info tambahan yang bermanfaat.

Iklan

15 tanggapan untuk “Kantong Kresek Hitam

  1. entah kenapa kesadaran warga masyarakat kita tentang kehigienisan suatu produk sangat-sangat diabaikan. yang penting laku… mudah-mudahan ke depannya semakin banyak yang peduli, terutama para pedagang yang menjual produk makanan…

  2. yang lebih parah malah ada tukang baso atau tukang mie ayam menggunakan plastik, kadang yang berwarna hitam kadang yg transparan untuk membungkus langsung makanannya [kebayang dong udah plastik hasil daur ulang langsung kena kuah panas jg] pilihannya antara plastik hasil daur ulang atau Styrofoam… menyedihkan T_T

  3. imel ke imel… yakin ini bukan hoax? udah ada yg mengkonfirmasi belom?

    btw, secara logika emang gak baik bungkus langsung makanan pake plastik. panas dari makanan bisa bereaksi sama kandungan karbon di plastik. itu yang saya tau….

    CMIIW

    1. @eskopidantipi: udah di cek langsung ke site BPPom dan disana ada edaran resminya, disitu tika tautkan linknya untuk bukti.
      @Nuii: Kalau bawa-bawa kotak makan repot juga ya?kalau kita belom tentu ingin jajan. T_T

  4. iyah.. sebaiknya kurangi konsumsi plastik.. selain mengurangi sampah, ujung2nya ya demi kesehatan kita..

    kalimat pembukanya emang sangat menggambarkan tikapinkhana sebagai pemalu, ya.. 😛

    1. @alamendah : betul, btw..postingan blog kita saling berhubungan, tadi udah mampir juga.
      @dhodie: yub bawa kantong sendiri ajah *tika sih sudah punya kantong kanvas yg dibawa kemana-mana*
      @luvie: iyah berusaha sebisa mungkin kurangin plastik, doh kalimat pembuka itu jadi membongkar ID sayah (blush)
      @ariosaja: makasih udah mampir, semoga bermanfaat
      @mima: betol bawa tempat sendiri aja *dukung ibu mima*
      @ajengkol: hmm..kadang masih butuh juga sih ya
      @lanymeeladh: sama-sama, makasih udah berkunjung 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s