Desain Indusri


Pengertian Umum Hak Desain Industri

Hak Desain Industri adalah Hak eksklusif yang diberikan oleh negara Republik Indonesia kepada pendesain atas hasil kreasinya untuk selama waktu tertentu melkasanakan sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan hak tersebut. (pasal 1 angka 5 UU 31/2000)

Hak Desain Industri dapat diperoleh melalui pendaftaran ke kantor HKI, perlindunganya bersifat teritorial namun klasifikasi produk bersifat internasional (32 kelas)~Locarno Agreement.

Indonesia sendiri belum menjadi anggota Locarno Agreement namun penjelasan menggunakan klasifikasinya ada didalam pasal 13 UU No.31/2000

Ciri-ciri Pokok Desain Industri berdasarkan (WIPO)

  1. Visibility (dapat dilihat dengan mata)
  2. Special appearance (penampilan khusus memperlihatkan perbedaan dengan produk lain sehingga menarik bagi pembeli atau pengguna produk)
  3. Non-technical aspect (hanya melindungi aspek estetika dari produk dan tidak melindungi aspek fungsi teknis produk)
  4. embodiment in utilitarian article (diterapkan pada barang yang memiliki kegunaan)

Desain Industri yang mendapat perlindungan adalah :

  • Desain Industri yang memiliki kebaruan (ps.2(1) UU 31/2000)
  • Kebaruan apabila di tanggal penerimaan tidak sama dengan pengungkapan sebelumnya (ps 2 (2) UU 31/2000)
  • Kebaruan DI berbeda secara signifikan atau bukan kombinasi fitur-fitur desain industri yang sudah diketahui sebelumnya (ps.25(1) TRIPs)
  • Dasar penilaian adalah kesan estetis (ps.1 angka 1 UU 31/2000
  • Menghindari intellegent imitation dan slavish imitation-confusion between product

Lingkup & Penggunaan Hak Desain Industri

Hak eksklusif untuk melaksanakan Hak desain Industri yang dimilikinya dan untuk melarang orang lain yang tanpa persetujuan membuat, memakai, menjual, mengimpor, mengekspor, dan atau mengedarkan barang yang diberi Hak Desain Industri (ps.9(1) UU 31/2000)

Masa perlindungan Desain Industri 10 tahun dan tidak bisa diperpanjang lagi.

*) Sebagian data diatas hasil training HKI dengan pembicara M.Faisal

Iklan

6 tanggapan untuk “Desain Indusri

  1. Paten lebih kearah tehnologi pembuatan, seperti tehnologi pembuatan motor, televisi, Proses pencairan batu bara dll, sedang desain industri itu penampilan luar atau desain produk misalnya: desain motor mio, hp nokia, atau mungkin Iphone

  2. gue sbnrnya ga terlalu ngerti sih hehe. yg jelas hak desain industri ini melindungi desainer, perusahaan, dan desain produknya dari kemungkinan dicontek oleh pihak2 lain gitu yah? trus kalo masa 10 thn itu udh lewat gmn tuh? 😀

    1. @eliabintang sama gw juga ga terlalu ngerti, cuma tau dikit karena baru belajar juga desain industri melindungi sesuatu yang bisa terlihat dan sesuai ciri2 pokok desain industri :seperti desain baju itang yunas,atau misalkan desain ulir di gelas dll,setelah masa 10 th sudah milik umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s