Menabung saja ga cukup


“Menabung saja ga cukup!!” ntah kenapa kalimat itu membekas di hati *halah*, sepotong kalimat yang tersimpan waktu datang ke acara femina & vaseline dengan pembicara Lugwina hananto, acara yang seru mengenai perencanaan keuangan.

Gamblang, lugas, dan kalimat tajam tapi humoris *err susah gambarinnya* banyak hal yang di ajarkan mengenai apa saja yang di perlukan untuk merencanakan asuransi, pembelian property, dana pensiun, saham sampai menabung saja harus ada tujuannya.

Mendadak ada pertanyaan, berapa persentase sisa dari gaji yang tersisa setiap bulannya, 60%, 50%, 40% , 10% atau habis?ada beberapa yg tunjuk tangan di angka 40% tapi terbanyak adalah 10% dan ada yg ga tunjuk tangan sama sekali.

Bagaimana kebiasaan menghabiskan uang gaji demi kebutuhan yang di sebut “KEBUTUHAN PRIBADI”, apa aja sih yang masuk dalam kategori ini?salah satu nya pembelian barang-barang branded, ngopi-ngopi restoran dll. Apa semua itu ga boleh ya?Ga ada larangan dalam pembelian Dress Massimo Dutti, Hermes, IVY atau lainnya asal ada uang nya karena pada dasarnya hal diatas bukan kebutuhan utama.

Semakin tertusuk ketika di jelaskan mengenai kebutuhan dana pensiun, dimana saat itu kita ga bisa bekerja atau sudah tak bekerja lagi tapi kebutuhan hidup kita ga mungkin berhenti sampai tutup usia kita.

@mrshananto bilang juga yang patut dibanggakan bukan berapa besar gaji kita tapi berapa persen sisanya…*PR*

Yah banyak hal yang didapat selain ilmu yang juga menusuk2 hati , perawatan  dari vaseline, Goodie bag yang isinya banyak dengan pancious sebagai snack nya..Ga nyesel ikutan acara ini 😀

Iklan

Satu tanggapan untuk “Menabung saja ga cukup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s