Cerita waktu ikutan WorkShop Franchise


Awal bulan lalu, kurang lebih 3 hari jadi peserta workshop mengenai franchise. 3 Oktober 2012-5 Oktober 2012, peserta yang ikutan terbatas kurang lebih 21 orang di dalam kelas. Saat berkenalan rata-rata peserta memang memiliki bisnis yang sudah di franchise atau seorang manager yang diminta perusahaannya untuk memulai bisnis franchise. Semua berbaur tanpa membawa brand perusahaan karena saat itu peserta dibuatkan kelompok kecil untuk membuat/praktekkan materi bersama, kuranglebih sekelumit materinya saya jabarkan dibawah.

Franchise sendiri memiliki definisi duplikasi bisnis yang sudah sukses untuk dimiliki dan dioperasikan oleh orang lain.Jadi syarat utama bisnis itu sendiri memang sudah terbukti sukses barulah bisa dijadikan franchise

Secara Umum berikut ciri & kriteria Franchising:

Ciri Utama Sistem Franchise:

  1. Kesempatan untuk menggunakan nama & jaringan
  2. Dilandasi perjanjian, dll

Kriteria dalam peraturan:

  1. Mereknya sudah terdaftar
  2. Terbukti sudah memberikan keuntungan
  3. Mempunyai ciri khas usaha, dll

Ok, lanjut pada waktu training sebenarnya materinya jauh lebih banyak hanya diriku malas menulis ulang :p. Workshop berlangsung 3 hari, sementara materinya masih lumayan banyak yang belum terkupas semua alias harus perdalam lagi dirumah & mesti banyak bertanya. Rata-rata materi dijelaskan lalu lanjut tanya jawab, membuat konsep bisnisnya serta proyeksi konsep tersebut apakah bisa dibuat franchise atau tidak dan   pada hari ke-3 melakukan simulasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s