Icipin Kuliner Makasar


IMG00443-20130902-1004

Bandara Sultan Hasanudin pagi itu cukup ramai, saat itu pukul 09.30 waktu  Makasar.  Matahari pagi itu cukup panas, terik dan menyilaukan meskipun masih pagi, di lobi teman-teman dari berbagai brand yang dikirim dari kota masing-masing juga sudah mulai berkumpul.

Perjalanan singkat ke Makasar ini saya sempatkan mencoba beberapa makanan khas kota ini seperti Coto Makasar, Jalangkote, Pisang Epe yang rasanya memang yumy. Jalangkote yang saya makan versi yang dibuat sendiri  dan sengaja disajikan untuk event ini jadi ukurannya beda lebih kecil dari yang biasa dijual untuk oleh-oleh tapi cruncy. Rasa spesialnya jalangkote ini sebenarnya ada pada sambalnya, bukan hanya pedasnya tapi ada rasanya mantab apalagi ditemani kopi hangat.

Jalangkote

Wisata kuliner malam hari di Makasar cukup ramai, disekitar pantai Losari misalkan ada banyak gerobak yang menyediakan pisang epe, masakan serba ikan, mie titi, dll. Pisang epe yaitu pisang kepok mentah yang dijepit dengan alat penjepit lalu dibakar dan diberi kuah khusus yang bisa dipilih dari 3 varian. Menurut salah satu teman yang asli makasar pisang yang digunakan memang harus pisang kepok, karena jika tidak ada rasa yang kurang pas dan tidak disukai. Untuk kuah yang menjadi pelengkap pisang Epe ada beberapa rasa yaitu: Durian, keju, original. Kuah original dibuat dari gula merah khusus makasar, sementara durian itu terdiri dari kuah gula merah ples irisan daging durian, sementara keju terdiri dari gula merah ples keju. Untuk tempat pemmbelian oleh-oleh juga berada tidak jauh dari pantai Losari, karena ketika tour dengan bus itu hanya butuh beberapa menit saja ke lokasi pembelanjaan. Di pusat pembelian oleh-oleh bisa beli minyak kayu putih, perhiasan, kacang mede, aneka kerajinan kain, kupu-kupu dll.

IMG00442-20130901-2206

pisang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s